Thursday, April 10, 2014

[UPDATED] Pasca Melahirkan, Ngapain?

*UPDATED! 
Setelah melewati perenungan yang super panjang, akhirnya gue memutuskan untuk memilih Carriwell Belly Binder untuk masa postpartum nanti. Alasannya sih sederhana, karena Gabrialla agak susah didapat, gue harus order dulu dari Amazon sedangkan Carriwell--meski gak gampang juga nyarinya di sini--bisa didapat di salah satu toko baby yang khusus jual barang import. Review? DISINI ya buibuuu

Semua ibu-ibu akan berseru "Ya ngurus bayi, menurut ngana?!"

Ish, pada sinis amat ya jawabnya. Memang sih jobdesc utama ngurus bayi piyik yang kerjaan pipis ama pupup muluk. Tapi kepikir gak buat perawatan pasca lahiran?

Haish, jangan jawab sinis (lagi) dulu napa, ceuuu. Ini sih berbekal pengalaman waktu akik hamil Qila. Maklum ya, nak pertama, masih clueless dalam banyak hal dan fokus mata, hati, jiwa, raga dan energi ini cuma ke anak. Ditambah waktu itu gue tinggal di rumah nyokap yang kalo siang isinya cuma gue seorang, dan si mbak (yang dateng pagi, siang pulang dan sore balik lagi). Jadi nggak ada deh tuh pikiran soal rawat-rawat badan, bisa mandi 2x sehari dengan tenang dan damai aja itu udah surga banget, ini lagi ngomong soal perawatan. Menurut ngana?!

Waktu itu, perawatan yang gue jalanin cuma pake korset dan tapel. Pakai tapel sendiri itu juga bisa diitung pake jari, yabeees gatel dan panas bok! Selain bikin garuk-garuk mulu, tambahan korset juga bikin gak nyaman dan susah nyusuin. Jadilah duet maut korset dan tapel ini gak akik manfaatkan sebaik-baiknya. Padahalnya, kalau dipakai dengan benar dan rutin, duet maut ini bisa membantu untuk menyamarkan noda hitam dan bantu pengecilan perut. Nyokap sempet beberapa kali protes sih kenapa gue gak rutin untuk urusan per-korset-an ini, tapi emang dasar anak bebeul yak jadi kena batunya deh tuh.

Gagal berkorset, yang terjadi padaku adalah... PERUT BERGELAMBIR macem kaen yang bisa dilipet! Eh seriusan, sungguh buruk rupa bodi gue dibalik baju ini. Bahkan setelah 9 bulan, gue masih disangka hamidun 4 bulan dooong. Ya hikmah yang bisa diambil sih, sering ditawarin duduk di bis Transjak dan di kereta *trus, bangga, gitu?? yakaliiiiikk! Hahaahha!* Setelah lewat setahun dari kelahiran Qila, gue mulai nyesel sih kenapa gue gak mau korset-an or at least do research kek soal postpartum treatment and recovery. Dan rupa-rupanya, gak cuma gue yang nggak nyaman sama badan sendiri, Bowo juga sempet protes lantaran seringnya gue ngeluh soal badan yang buruk rupa ini. Kesian kali yak liat bininya gak pede, hahahaha!

Nah, makanya sekarang, gue pake strategi! Dari jauh hari gue udah sempetin buat browsing soal perawatan pasca melahirkan dan juga soal timeline of postpartum recovery. Jadi, jelas deh tuh apa yang terjadi dengan badan kita dari hari pertama sampai setahun setelah melahirkan. Trus, yang jadi pertanyaan, mesti ngapain dong abis lahiran dan apa aja 'alat tempur' yang mesti kita punya? Berdasarkan pengalaman dan browsing-browsing centil, I came up with this;


  • Day 1. After delivery--vaginal or caesarian--kita pasti diminta korset. Korset ini sih gunanya lebih buat nahan luka buat sesar dan nahan perut buat yang normal. Dan benernya nggak ada riset yang menyatakan kalo any belly band or belt could help you to get that 'before pregnant' shape back! Jadi lebih ke sugesti sih menurut gue, tapi memang belly band/wrap/belt/korset ini mengurangi rasa sakit dan membantu saat proses rahim mengecil--dengan sendirinya.

  • Week 1. Kalau yang sesar, kemungkinan masih agak sakit-sakit asoy yaaa tapi tetep belly band/korset mah mesti pake terus. Oh dengan tambahan tapel ya, tanpa jejamuan tapi minum susu kedelai dan sayur bayem + katuk everyday! *bagus kalo gak eneg tiap hari makannya katuk* 

  • Week 2. Rencananya eike mau panggil mbak tukang pijit ke rumah. Penting ya? Ish, booook, hamil itu kan ya bikin capek jiwa raga. Tulang pada sakit, sebagian organ tubuh malah sempet bergeser karena rahim dan bayi yang membesar dan juga badan rasanya rontok. Makanya buat gue penting banget nih dipijet pasca lahiran. Kalo lahiran normal sih mungkin seminggu setelah brojol bisa langsung panggil mbak-mbak pijet ya, tapi kalo sesar mending ditunggu sampe luka gak gitu nyeri. Biasanya sih 2 mingguan ya baru lo bisa enak tuh dipegang-pegang badannya. Ya, kalo masih nyeri, mending gak usah maksain juga pijet karena ngeri aja kalo kenapa-kenapa. 
  • Month 1. Abis pake korset-an, bukan berarti perut langsung flat yak, mesti ada maintaining. Nah, kalo gak males sih, udah bisa jalan santai nih sambil dorong stroller. Kalo buat yang ambisius dan kondisi memungkinkan, bisa cari deh tuh postnatal exercise or workout di mbah Google. Lumayan bisa balikin body, at least mendekati berat normal. 
Buat per-koset-an sendiri, gue rencananya pengen bisa pake selama mungkin, dan itu alesannya gue semedi agak lama buat nyari belly band/belt/wrap/girdles yang oke dan nyaman untuk pemakaian sehari-hari. Trus udah nemu mau pake apa? Belom dooong! ini masih dalam tahap pencarian tak berujung but I'll share you some of postpartum bands yg jadi favorit mamah-mamah masa kini.
  • Bellefit. Kalo lo dateng ke forum ini, khususnya thread ini. Sudah pastilah nama Bellefit digadang-gadang sebagai belly wrap paling ciamik! Banyak review dan saksi hidup atas keajaiban si Bellefit ini. Bahkan ada yg pake baru seminggu, lingkar perut menurun drastis. Ngiler? PASTI! tapi akyu sadar diri betapa muahaaalnya harga Bellefit ini. Maklum, di sini gak ada yang jual, harus order dari Ameriki yg kursnya sekarang bikin nggak bisa napas. Dan karena Bellefit ini konon terbukti mampu mengecilkan perut dalam waktu singkat, jadinya kita nggak bisa punya satu ukuran, ya minimal dua lah buat jaga-jaga kalo yang satu udah mulai gak kenceng.

  • Belly Bandit. Ini alternatif dari si Bellefit dan menempati posisi 2 terfavorit dari sekian banyak jenis dan merek korset di luar sana. Harganya sih emang nggak semihil Bellefit dan Belly Bandit ini bisa didapet di Singapur. Tapi ya menurut gue teteuuup muahal! Banyak yang bilang minusnya dari Belly Bandit ini karena sering kelipet kalo kita pakai saat beraktivitas. Dan daya 'megangnya' gak semantaf Bellefit.


  • Newlife. Selain produk impor yang harganya bisa beli satu stroller, ada juga alternatif korset murah. Salah satunya si Newlife ini. Ya korset sejuta umat deh dan dijual diseantero onlineshop dan toko perlangkapan bayi berbagai ITC. Harganya? Terjangkau banget lah! Tapi ya itu, ada harga ada rupa. gue pake ini waktu lahiran Qila dan memang selain pemakaiannya gak praktis, Newlife ini juga gampang berlipet dan gak steady di posisinya. Kita jalan sedikit aja, posisinya bisa mencang-mencong dan menurut pengalaman, Qila gak betah banget gue susuin kalo lagi pake korset ini. Yowes, jadilah yudadah babay ama Newlife setelah 2 minggu bersama.

  • Korset tali. Ini sih korset yang dipake jaman emak-emak kita lahiran yak. Pemakaiannya sungguh sangatlah ribet karena harus cakap tali temali layaknya jaman kita masih jadi anggota pramuka dulu. Dan mending talinya cuma 2-3, ini bisa ampe 8-10 pasang tali yang diiket. Gempor dooong? Eiymm!



Nah trus Mamah Epi pake yang mana nanti? Yang pasti eike tak mau lagi pake Newlife ya karena pengalaman telah membuktikan it didn't work! Kemaren sih udah beli korset tali tradisional dengan tujuan bikin ribet suster di RS dan Bowo yang harus makein beginian tiap hari. Hahahaha! Back to basic lah, emak-emak jaman dulu aja bisa singset cuma pake korset tali-talian, mosok gue enggak? Etapi selain itu gue juga mau coba pake belly band sih. Bukaaan, gue bukan pake Bellefit lantaran gak punya pohon duit buat belinya. Lagian agak sayang ya kalo dipakenya cuma sebentar tapi harganya muahal bener. Dan setelah ngubek-ngubek beberapa forum luar, berikut alternatif dari si Bellefit;

Gabrialla

Di banyak forum buibu mancanegara, review si Gabrialla ini buagus. Di Amazon sendiri hampir 400-an orang yang nge-review dan lebih banyak yang bilang oke. Ya, gue emang belom nyoba sik, tapi bikin ngiler nih. Rencananya mau order via HaDun aja, dan kebetulan udah masup tuh harga nett-nya. Mayan laah daripada beli Bellefit ampe sejutaan. Nanti kalau udah pake, eike sebar-sebar deh review-nya yaaa...

Shapewear
Abis pake belly band, nggak lantas perut langsung flat laah. Urusan perut rata mah harus ada maintain, kalo ngandelin belly band doang bisa ampe 2x lebaran gak rata tuh perut. Tapi yang gue baca, waktu yang paling efektif buat mengecilkan perut pasca persalinan, ya since day 1 after delivery. Kenapa? Karena hormo-hormon mulai balik normal dan rahim pun ikut mengecil, jadi kalo ditambah belly band hasilnya lebih oke. Ya, selain itu mesti diimbangin banyak gerak juga sik, buat buang lemak dan tentunya pake shapewear. Rencananya (again), gue mau pake shapewear begitu si Gabrialla ini udah gak 'megang'. Ya itung-itung buat maintain bentuk tubuh dari bawah dada ampe panggul. Shapewear ini banyak mereknya kok, lagian dijual dimana-mana juga. Kalo eike, mungkin mau pake dari Maidenform, Spanx atau Leonisa aja. Kebetulan udah punya beberapa dari jaman abis lahiran Qila. Dan memang shapewear ini jauh lebih nyaman dari si korset, bengkung dan stagen.

Nah, buibu ada yang punya pengalaman lain tentang aneka perawatan pasca bersalin?

Btw, ada info bagus banget nih soal postpartum recovery. Semoga bisa nambah pengetahuan ya...


Kussen!

Evie

6 comments:

  1. sore mba... jadinya pakai Gabrialla bukan? mau reviewnya dong... hehehe... thx yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaaaaah, aku gak jadi pake Gabrialla. Tapi kalau boleh saran, kalau bisa beli Bellefit atau beli Belly Bandit, mending beli itu sekalian.

      Delete
  2. Harga Bellefit or belly bandit nya berapa? dan beli dmna?

    ReplyDelete
  3. halo mba.. jadinya pake apa kah...? di sharing2 dong.... searching bellefit dan belly bandit ini mahal banget yaaa... huhuhu...

    ReplyDelete
  4. I feel you banget mba dengan si new life yg sama banget bertahan 2 minggu sajo. 😂 lalu tali temali yg mau se kencang apapun ujung2nya kendor..
    Ini mau punya anak kedua urusan recovery dicari nomer 1, dulu beneran ga kepikiran. Jd gimana bellefit mba? 😁

    ReplyDelete
  5. Hai, mai review bellefit, aku pakai, memang bagus, skrg perut jd rata lg, wlpn belum balik kyk sblm hamil, hehehe..

    ReplyDelete