Friday, April 4, 2014

Estimasi Biaya Melahirkan

Beneran deh, begitu tahu hamil ada baiknya langsung browsing biaya melahirkan di berbagai RS idaman. Bukannya kenapa, tapi biaya melahirkan ini sungguh sangatlah muahal, nek! Yaa, kalo tanggungan kantor udah mumpuni mah nggak usah sibuk cari RS ya, paling tinggal merem aja sambil nunjuk kamar VVIP. Dan PR selanjutnya cuma cari dokter yang oke dan cucok aja di hati ibu dan suaminya.

Nah, begimane nasib yang gak ditanggung kantor atau tanggungan kantornya cuma seciprat dua ciprat? Makin sibuk deh tuh.

Gue sendiri udah survei ke empat RS untuk perbandingan harga persalinan C-sect. Gue pilih nanya persalinan c-sect itu karena kan worst case aja sih, toh kalau akhirnya normal ya pasti jadinya lebih murah dong. Untuk kriteria, gue sendiri nggak terlalu muluk-muluk, intinya sih pengen IMD, rooming-in dan kamar nyaman dg privasi. Kenapa?

Sejak melahirkan Qila, gue sadar bener betapa privasi dibutuhkan setelah kita lahiran dan sekarang jadi nggak heran banyak orang milih kelas VIP demi kenyamanan dan privasi. Eh, seriusan, kondisi abis lahiran itu sucks banget, aslik! Capek, lemes, setengah sadar dan yang lo butuh itu cuma istirahat dan suami, that's it! Nah, bayangin aja kalau kamar nggak nyaman, sesak, penuh ama yang jenguk dan bau, bisa stress dan berujung baby blues kali ya. Nope, gue nggak lebay, tapi coba aja bayangin dan dirasa-rasain. Yaaa... intinya memang kalau bujet persalinan itu terbatas, kita juga mesti cermat milih RS-nya. Nggak ujug-ujug pilih VIP juga sik, tapi at least cari yang nyaman sesuai kemampuan. *Tsaaah elaaaah, sok bijak bener gue*

Oke, semua RS yang gue survei itu sekitaran Lebak Bulus, Sawangan dan Tangerang ya. Soalnya kantor di Bintaro dan rumah Sawangan, jadi nyari yang jaraknya bener-bener terjangkau aja.

RS Permata Depok
Kelas 3: 11jt
Kelas 2: 15,2jt
Kelas 1: 18jt
*biaya ini udah all in tapi tanpa penyulit ya... Dan estimasi selisihnya 20-30%



RSB Citra Ananda Ciputat
Umum: 10.480.000
Utama: 11.850.000
Perdana: 13.150.000
*biaya ini udah all ini dan menurut cs-nya bisa jadi justru kurang dari ini. Estimasi selisihnya juga hanya 1-2jt.

Mayapada Hospital LB
Paket persalinan di RS ini ada 2, masing-masing dg kelebihan dan kekurangannya.

Paket cc Mega Card
Kelas 3: 12.800.000
Kelas 2: 14.800.000
Kelas1: 15.800.000
VIP: 16.800.000
-- paket ini bisa dijadikan cicilan 0% dan tentunya all ini. Estimasi selisihnya juga hampir tidak ada.

Paket 'biasa'
Kelas 3: 6.500.000
Kelas 2: 7.380.000
Kelas 1: 8. 560.000
VIP: 9.480.000
-- biaya ini exclude segala perintilan kayak visit dokter, kamar, obat2an, perawatan bayi, dll.

Dilihat dari nominalnya, kayaknya sih cukup terjangkau yaaa... Ya emang gue sengaja survei beberapa RS/B yang nggak cuma nawarin biaya terjangkau tapi juga dari segi fasilitas cukup bikin hati tenang. Dua diantaranya adalah RS baru, yang baru launching akhir 2013 dan awal tahun ini. Selain biaya yg gak mahal, dari segi fasilitas kamar dan lainnya sudah pasti masih baru dong ya harusnya. Gue sendiri sempet visit kamar RS-nya utk mastiin mana yg sreg di hati.

Well, ampe sekarang sih belum mutusin akan lahiran di mana, tapi setidaknya gue dan Bowo punya bayangan dari segi fasilitas RS dan harganya. Lumayan kan buat perbandingan.

5 comments:

  1. mbaaak, jadinya lahiran dimana? ditunggu banget reviewnya.. hehe.. makasiiiii.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadinya di RS Permata Husada Pamulang, mbak. Hihi, belom sempat bikin review-nya.

      Delete
    2. normal atau c-sect mba? rumahku jg seputaran situ jadi mau cari rs yang masuk limit asuransi.. hehe.. ditggu mbaa reviewnya ya.. *bawel :D

      Delete
  2. Mba itu tarif yg normal apa sc? Trs klo permata husda pmlg brp? Tq

    ReplyDelete
  3. Review dong mba di permt husada nya.. Hehe
    Oiya itu yg di atas biaya prsalinan normal atau sc?

    ReplyDelete