Sunday, March 30, 2014

Diapering System adeknya Qila!


Belajar dari kegagalan diapering pas jaman Qila, emaknya ini pun pantang menyerah!

Clodi-an lagi yuuuuuuuk...

Buat yang baru hamil, mungkin nggak kebayang ya soal popok-popokan ini. Di otak, kebayangnya kalo gak pake popok kain yang ada talinya atau yang praktis, popok sekali pakai semacem Mami Poko atau Pampers. Well, tak bisa dipungkiri, yang praktis memang sangat menggoda. Kalau udah penuh, tinggal copot trus buang. Nah, yang jadi masalah, popok sekali pakai ini sangat menguras kantong dan itu berasa banget DI GUE SEBAGAI MAMAK IRIT! Apalagi kalau bocah masih piyik yang ngompol dan pup bisa 10x sehari. Ya berat beli popok sekali pakai bukan berarti nggak sayang juga sih, tapi yang nyebelin itu kulitnya juga merah-merah. Solusinya waktu itu, Qila cuma bisa pakai diapers Mami Poko yang mana muahaaaal sekali dijajaran diapers lain. Nah, dompet agak bisa napas kalau gue seling sama Cloth Diapers.

Cloth Diapers atau clodi tuh emang lagi ngehits di kalangan mamak-mamak muda. Ya, waktu pengen pake clodi juga itu hasil racun dari forum buibu ini dan ini. Dan emang sih, agak lebih ngiritan dikit tapii yang jadi masalah adalah EIKE GAK TELATEN SOAL PERAWATANNYA! Jadilah diapering system gue yang pengen full clodi tanpa popok sekali pakai ini gagal di tengah jalan. Huuuuuff!! Dari jaman Qila, gue punya ... clodi, di antaranya:
- Charlie Banana
- Best Bottom
- Cluebebe
- GG
- NVme



Apalagi ya? Lupa. Dan yang mana sekarang semuanya sudah melar di gusset-nya! Blah.

Untuk adeknya sekarang, rencananya gue mau coba lagi diapering system with cloth diaper tapiiii dengan strategi yang beda.

1. Kalau dulu pakai yang tipe pocket, sekarang gue akan pakai tipe cover. Kenapa? Karena kalau pakai yang pocket, begitu kena pipis atau pup sekali ya semua-muanya mesti diganti. Beda kalau yang tipe cover, tinggal ganti insert atau dalemannya aja trus cover-nya tinggal dilap dan bisa dipake lagi. Praktis kan?

2. Dulu, gue pake insert bawaan dari tiap clodi. Nah sekarang, eike mau pake prefold aja ah! Selain perawatannya nggak seribet insert, prefold juga cepet kering. Aku agak trauma sama insert yang bau pesing padahal udah dicuci berkali-kali.

Rencananya nih, gue mau clodi-an ini sejak bayi keluar dari RS. Makanya, udah mulai browsing dan nyetok beberapa prefold dan clodi newborn. Kenapa yang newborn, bukan yang biasa aja biar bisa dipake ampe gede? Karena kalo bukan tipe newborn pasti bakal bulky banget dan kasian juga liatnya. Toh beli cover newborn nggak perlu banyak kok, paling cuma 3-4 buat ganti-ganti aja. Ya mungkin prefold-nya aja yang rada banyak supaya ada cadangan kalau memang banyak yang dicuci.

Dari hasil browsing dan pengamatan, berikut nih beberapa diaper cover yang eike taksir, pluuus aksesori clodi lainnya:

Cloth Diapers

1. Best Bottom
2. Thirsties Diaper Cover Hoop & Loop, Small.
3. Rumparooz
4. Imagine Newborn Diaper Cover
5. Econobums Newborn

Prefold

Cilipopo Prefold
Bumwear Prefold
And how to use this Prefold?



Enphilia Muslin Square 
And this is how to use Muslin Square...



Fastens
Snappi
This is how we do it with Snappi

Masih belum kebayang? Begini sih kurang lebih cara pake prefold...


Ish, ribet ya mak?? EMAANG! Tapi aku rela ribet kok demi dompet dan anak :)))

Buat yang mau info lebih lanjut soal clodi, sila mampir ke forum buibu ini dan ini or just simply google it! Beberapa ada yang berhasil dengan clodi ini, sebagian lain ada yang sistem campur dan ada juga yang gagal. But it is worth to try laaah...


p.s. kalau ada yang mau ngadoin, boleh lah beliin adeknya Qila clodi dengan merek di atas. Ukuran lain juga diterima dengan hati berbunga kok *LAAAAH, KOK UJUNG-UJUNGNYA 'NODONG', MPOK :)))*

2 comments:

  1. Evie, ini Rizal eks Bukuné dulu. Makasi utk info blog-nya. Bisa nambah pengetahuan utk calon bapak ini. :) Salam utk Bowo.

    ReplyDelete
  2. Ijaaal, gimana? Sudah berhasilkah ber-cloth diapering?

    ReplyDelete