Monday, March 11, 2013

Bikin Kuenya Qila

Sebenarnya niat buat nulis resep ini udah ada dari minggu kemarin tapi selalu aja ketunda dengan hal lain. Ini juga atas rekues si Vera, temen kantor yang bingung mau kasih camilan ke anaknya, Reval. Gue sih nggak pernah saranin makanan instan, karena Qila sembelit makan kue-kue instan gitu. Belom lagi rasanya terlalu manis jadi bikin anaknya susah makan. Hmm, moga-moga bisa ngebantu ibuk-ibuk lain yang punya kebingungan yang sama yak.

Jadi maksud hati sih, adonan akan berakhir dengan rupa seperti ini.

from: wishfulchef.com

Tapi sutralah ya, mak yang penting kan rasa, bentuk mah diserahkan pada yang kuasa aja. Hahaha.





Bahan
  1. Pastry dough -- gue pribadi sangatlah gak bakat bikin adonan, bisa bubar jalan kalau adonan yang bikin gue. Itu makanya gue beli yang adonan siap pakai. Tapi gue liat-liat juga sih, biasanya pakai yang fresh. Ini gue beli di Carrefour Lebak Bulus.
  2. Bumbu asin -- garam, merica, parutan dan keju cheddar.
  3. Bumbu manis -- bubuk cokelat, kayu manis bubuk dan gula pasir
  4. Unsalted butter -- buat olesan 



Caranya:
  • Gampang. lebarin adonannya jadi selapis, trus potong-potong sesuai selera. Kalau buat Qila gue potong kecil-kecil biar sekali makan aja. Tapi kalau buat orang rumah, gue bikin yang panjang-panjang.
  • Oles butter di setiap irisan adonan.
  • Tabur bumbu. Ini sih sesuai selera ya. Kalau gue, yang manis gue taburin bumbu manisnya agak banyak dan kalau yang manis, garam mericanya dikit aja tapi kejunya dibanyakin. Kayak gambar di atas.
  • Panggang di oven kira-kira 10 menit. 
  • Jadideh.
Percayalah, rasanya jauuuuuuh lebih menjanjikan dari penampakannya.

Anaknya aja doyan :p

No comments:

Post a Comment