Pages

Wednesday, February 6, 2013

Saat Lenongan Menentukan Kasta


Benernya sih ya, gue bukan perempewi yang maniak lenongan. Gue juga ngerasanya tahu makeup itu pas jaman baru masuk kerja. Beda ya sama anak jaman sekarang yang baru numbuh bulu ketek, udah pada rajin nyabutin alis. But I do love makeup, rajin banget gue baca review produk baru, bahkan sering—banget juga—ileran kalau tahu ada produk yang rave-nya luar binasa tapi harganya gak sanggup dibeli sama simpenan berlian gue (alias mehi gila, mak!).

Tapi bener lho, makeup itu sekarang macem-macem. Dari yang puluhan ribu ampe jeti-jetian per gramnya *Iya pemirsa sekalian, gak salah baca, PER GRAM. Ya memang sih, itu jatuhnya akan jadi tergantung ’kelas’ kita aja. Kalau mampu beli Chanel sok atuh silakaaaaann, tapi kalau enggak ya belilah L’oreal *Halah, agak jauh ya Chanel ke L’oreal*. Intinya sih jangan maksa kalau rasa-rasanya gak mungkin kebeli. Asli beneran bakal nyesel kalau pas akhirnya punya, trus cucok. Bobol terus tuh dompet begitu waktunya harus nge-refill. Been there, done that! Etapi gue juga gak nyaranin produk KW lho ya. Heck, NO!

Ada cerita nih pas di Musolah. Biasanya kan ibo-ibo macem kita ini pada berdendi kalau abis solat. Nah, gue baru tahu juga ternyata ya, isi makeup case itu menentukan kasta. Jadi pas lagi lenongan, gue perhatiin ini buibu kok pada lirik-lirikan isi makeup case. Tatapannya tuh macem ngeliat tetangga abis beli TV baru, nista gemana gitu. Suatu kali, nanyalah satu ibu ke gue, ”Itu merek apa, mbak?”. Waktu itu gue lagi pake blush-nya SLEEK, dan karena saya ini perempuan yang bijak dan tidak sombong *apa yang mau disombongin juga, Cee? Sleek doaaaang!*, gue jawablah, ”Ini, apa ya, *sok bego* SLEEK, Bu.”  

Ibu A: ”Itu bukannya merek pembersih bayi?”
Gue: ”Hehe, Iya ya, namanya sama, tapi bukan.”
Ibu A: ”Bagus ya di kamu? Beli di mana? Ini saya pakai MAC, kurang oke ya. Tapi saya suka lipstiknya, kemarin sempet liat di depan *di Poins Square* warnanya bagus-bagus. Murah lagi. 20ribuan.”
Gue: Ooooh… *gak berani komentar apalagi khotbah soal produk KW*
Ibu A: “Ini SLEEK beli di mana?”
Gue: “Saya nitip temen.”
Ibu A: ”Dari luar negri? Pasti mahal. Sayang ya kalo beli yang mahal-mahal. Padahal di sini banyak yang murah, bagus lagi.”

Statement terakhir menunjukkan kalau gue sama si Ibu A totally not in the same boat. Jadi, daripada beda pendapat trus perang gincu, I forced to end that conversation dengan beberes lenongan dan cabut. Setelah itu gue mikir, sebenarnya kebutuhan perempuan akan makeup itu berdasarkan apa ya? Soalnya dari pendapat ibu tadi, seolah karena MAC-nya bukan karena kulitnya. Lebih ke gengsinya, bukan fungsi dan hasil akhirnya. Emang sih di beberapa forum lenongan keliatan, banyak perempuan yang naikin gengsi pake makeup atau skincare. Kayaknya kalau mention produk tertentu trus nge-review, asa gimanaaa gitu.

Hmm, mungkin itu kali ya sebabnya ada demand produk KW, karena ngaruhnya ke gengsi. Iya gak, sih? Ibaratnya kalau gak mampu beli tas Chanel asli, beli aja yang KW super. Etapi kan itu tas, cuma buat dijinjing paling banter dikempit dan tuh ketek juga baek-baek aja kalaupun harus sering-sering ngempit tas KW. Lah kalo makeup atau skincare? Serem kali ya kalo justru ngerusak kulit.

Oh, well, tapi tiap perempuan kan mungkin punya pertimbangan masing-masing terhadap keputusannya membeli sesuatu. Mungkin gengsi memang segitu pentingnya, sampe bikin gak bisa makan, tidur, dehidrasi, sesak napas dan efek akut lainnya. Who knows what’s happen behind closed door... bukan begitu, bukan?

Tapi intinya, apapun itu jangan beli KW ya buibu sekaliaaaaannn...


Kussen!

Evie.

No comments:

Post a Comment