Benernya sih ya,
gue bukan perempewi yang maniak lenongan. Gue juga ngerasanya tahu makeup itu
pas jaman baru masuk kerja. Beda ya sama anak jaman sekarang yang baru numbuh
bulu ketek, udah pada rajin nyabutin alis. But I do love makeup, rajin banget
gue baca review produk baru, bahkan sering—banget juga—ileran kalau tahu ada
produk yang rave-nya luar binasa tapi harganya gak sanggup dibeli sama simpenan
berlian gue (alias mehi gila, mak!).
Tapi bener lho,
makeup itu sekarang macem-macem. Dari yang puluhan ribu ampe jeti-jetian per
gramnya *Iya pemirsa sekalian, gak salah baca, PER GRAM. Ya memang sih, itu
jatuhnya akan jadi tergantung ’kelas’ kita aja. Kalau mampu beli Chanel sok
atuh silakaaaaann, tapi kalau enggak ya belilah L’oreal *Halah, agak jauh ya
Chanel ke L’oreal*. Intinya sih jangan maksa kalau rasa-rasanya gak mungkin
kebeli. Asli beneran bakal nyesel kalau pas akhirnya punya, trus cucok. Bobol
terus tuh dompet begitu waktunya harus nge-refill. Been there, done that! Etapi
gue juga gak nyaranin produk KW lho ya. Heck, NO!
Ada cerita nih
pas di Musolah. Biasanya kan ibo-ibo macem kita ini pada berdendi kalau abis
solat. Nah, gue baru tahu juga ternyata ya, isi makeup case itu menentukan
kasta. Jadi pas lagi lenongan, gue perhatiin ini buibu kok pada lirik-lirikan
isi makeup case. Tatapannya tuh macem ngeliat tetangga abis beli TV baru, nista
gemana gitu. Suatu kali, nanyalah satu ibu ke gue, ”Itu merek apa, mbak?”.
Waktu itu gue lagi pake blush-nya SLEEK, dan karena saya ini perempuan yang
bijak dan tidak sombong *apa yang mau disombongin juga, Cee? Sleek doaaaang!*,
gue jawablah, ”Ini, apa ya, *sok bego* SLEEK, Bu.”
Ibu A: ”Itu
bukannya merek pembersih bayi?”
Gue: ”Hehe, Iya
ya, namanya sama, tapi bukan.”
Ibu A: ”Bagus ya
di kamu? Beli di mana? Ini saya pakai MAC, kurang oke ya. Tapi saya suka
lipstiknya, kemarin sempet liat di depan *di Poins Square* warnanya
bagus-bagus. Murah lagi. 20ribuan.”
Gue: Ooooh… *gak berani komentar apalagi khotbah soal produk
KW*
Ibu A: “Ini SLEEK beli di mana?”
Gue: “Saya nitip temen.”
Ibu A: ”Dari luar
negri? Pasti mahal. Sayang ya kalo beli yang mahal-mahal. Padahal di sini
banyak yang murah, bagus lagi.”
Statement terakhir menunjukkan kalau gue sama si Ibu A
totally not in the same boat. Jadi, daripada beda pendapat trus perang gincu, I
forced to end that conversation dengan beberes lenongan dan cabut. Setelah itu
gue mikir, sebenarnya kebutuhan perempuan akan makeup itu berdasarkan apa ya? Soalnya dari pendapat ibu tadi, seolah karena
MAC-nya bukan karena kulitnya. Lebih ke gengsinya, bukan fungsi dan hasil
akhirnya. Emang sih di beberapa forum lenongan keliatan, banyak perempuan yang
naikin gengsi pake makeup atau skincare. Kayaknya kalau mention produk tertentu
trus nge-review, asa gimanaaa gitu.
Hmm, mungkin itu
kali ya sebabnya ada demand produk KW, karena ngaruhnya ke gengsi. Iya gak,
sih? Ibaratnya kalau gak mampu beli tas Chanel asli, beli aja yang KW super.
Etapi kan itu tas, cuma buat dijinjing paling banter dikempit dan tuh ketek
juga baek-baek aja kalaupun harus sering-sering ngempit tas KW. Lah kalo makeup
atau skincare? Serem kali ya kalo justru ngerusak kulit.
Oh, well, tapi
tiap perempuan kan mungkin punya pertimbangan masing-masing terhadap
keputusannya membeli sesuatu. Mungkin gengsi memang segitu pentingnya, sampe
bikin gak bisa makan, tidur, dehidrasi, sesak napas dan efek akut lainnya. Who
knows what’s happen behind closed door... bukan begitu, bukan?
Tapi intinya, apapun itu jangan beli KW ya buibu
sekaliaaaaannn...
Kussen!
Evie.
No comments:
Post a Comment