Friday, July 6, 2007

Peta Menstruasi

Sudah jadi rutinitas kalau cewek selalu dikunjungi 'tamu' bulanan. Walaupun banyak pendapat dan mitos yang simpang siur tentang haid atau menstruasi, sebagai cewek kamu tetap harus tahu A-Z tentang menstruasi. Apa saja?

Pra-menstruasi
    Menjelang menstruasi, kamu biasanya banyak mengeluh. Mulai dari yang ringan seperti sakit kepala, sampai keluhan berat yang dapat mengganggu aktivitasmu. Menurut dr. Nurmawati dari Klinik Bunda, keluhan yang kamu alami merupakan sindrom sebelum menstruasi atau dikenal dengan premenstrual syndrome (PMS). PMS merupakan kumpulan gejala yang diakibatkan karena perubahan hormonal yang berhubungan dengan siklus saat ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium). Beberapa teori menyebutkan kalau PMS disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Sebenarnya kamu juga bisa terhindar dari PMS yang mengganggu. Caranya? Pola hidup sehat seperti tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman bersoda dan berkafein secara berlebihan, serta olahraga teratur adalah cara yang paling mudah dan aman untuk mengurangi gangguan PMS. Nah, makanya SPICE! nggak pernah bosan mengajakmu untuk menerapkan pola hidup sehat.

Menstruasi (hari ke 1 sampai hari ke 5)
    Menstruasi adalah proses peluruhan dinding rahim yang disertai pendarahan. Proses ini selalu terjadi setiap bulannya kecuali pada masa kehamilan. Namun banyak juga lho perempuan yang mengalami menstruasi tidak teratur. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya; kondisi tubuh, stres, dan faktor hormonal. Selain itu penyakit-penyakit yang ada hubungannya dengan organ reproduksi ternyata dapat juga menyebabkan frekuensi menstruasi tidak teratur. Untuk memastikan, ada baiknya kamu menghitung siklus menstruasimu.
    
Pasca menstruasi
    Menstruasimu sudah selesai, tapi nggak berarti kamu cuek (lagi) sama tubuh dan bagian kewanitaanmu. Kebersihan adalah hal utama yang musti diperhatikan. Mau atau tidak, kamu harus mulai ngeh sama kebersihan daerah 'V'. Pada saat menstruasi, banyak bakteri dan kuman yang 'singgah' di daerah intimmu. Makanya, setelah menstruasi selesai kamu wajib membersihkan daerah itu sampai bersih. Jangan biarkan ada kuman tertinggal sehingga akan menimbulkan infeksi dan menyebabkan penyakit serius (baca: kanker misalnya)

Boks I
Yuk, hitung siklus menstruasi!
Siklus menstruasi dapat dihitung mulai dari hari pertama haid sampai hari haid pada bulan berikutnya. Biasanya siklus haid berkisar 21 sampai 40 hari. Nah, jika siklus menstruasimu melebihi batas normal atau kurang, SPICE! sarankan untuk langsung memeriksakan ke dokter kandungan.


SPICE! Juni; evi.nurulita@spice.co.id; foto : sxc

3 comments:

  1. ini promosi SPICE! ato bukan sih.. kayaknya bukan untuk cowo yach.. (^__^)

    ReplyDelete
  2. apa hubungannya daerah V sama neng V?? hehehehe

    ReplyDelete
  3. hihi, hubungan kami baik-baik aja kok. bahkan kami sangat dekat. saling menjaga lah (macen seleb infotaiment gak jawabnya?)

    ReplyDelete